Menikmati Bukit Geger, cikal bakal munculnya Madura

Amanat – Jika memiliki kesempatan bertandang ke Pulau Madura, jangan lupa mampir di bukit yang terletak di Bangkalan ini. Meski untuk menemukannya cukup sulit karena minimnya petunjuk, namun jika sudah berada di sana Anda tak akan menyesal.

Dari arah jalan raya Bangkalan – Pamekasan memang ada petunjuk arah ke Bukit Geger, yakni ke arah kiri jika kita berangkat dari Bangkalan. Namun begitu masuk ke jalan yang hanya muat dua mobil berpapasan petunjuk lanjutannya lenyap.

Kita pun harus rajin bertanya-tanya jika tak mau terlewat. Patokannya adalah masjid besar di kiri jalan dari pertigaan jalan raya Bangkalan – Pamekasan tadi.

Di depan masjid ada jalan beraspal kecil yang muat satu mobil. Menanjak sebelum sampai akhirnya tiba di tempat parkir objek wisata Bukit Geger. Bukit ini memang termasuk bukit tertinggi di Madura, meski hanya berkisar di angka 200-an mdpl.

23258 bukit geger awal mula madura - Menikmati Bukit Geger, cikal bakal munculnya Madura
Situs makam Dewi Sekar Tanjung alias Potre Koneng

Dari tempat parkir masih harus menapak sekitar 180 anak tangga sebelum akhirnya sampai ke objek wisata Bukit Geger. Ada beberapa petilasan dan gua di sini. Juga tempat berkemah.

Bukit Geger dikenal oleh masyarakat Madura sebagai tempat awal mula dari Pulau Madura. Orang pertama yang menempati bukit ini adalah Ki Poleng dan Potre Koneng (Putri Kuning) yang di usir dari Kerajaan Medangkawulan.

Dalam cerita tutur dikisahkan jika awal mula Madura adalah pulau yang terpecah-pecah sehingga merupakan beberapa puncak-puncak tanah yang tinggi (yang sekarang menjadi puncaknya bukit-bukit di Madura) dan beberapa tanah datar yang rendah.

Apabila air laut surut dataran rendah ini kelihatan dan apabila air laut pasang tidak kelihatan (ada di bawah air). Puncaknya-puncak yang terlihat adalah Bukit Geger di daerah Kabupaten Bangkalan dan Pegunungan Pajudan di daerah Kabupaten Sumenep.

Berada di Bukit Geger, bayangan baha Madura adalah wilayah yang gersang akan sirna. Bukit ini ditumbuhi bermacam-macam tanaman.

goa petapan - Menikmati Bukit Geger, cikal bakal munculnya MaduraAda akasia, mahoni, dan hutan jati seluas 42 hektar. Terdapat pula, Lembah Palenggiyan dengan keindahan danau dan jajaran sawahnya yang hijau dan mempesona.

Tak hanya itu saja. Bukit Geger menyimpan lima goa legendaris dan bersejarah, dengan nama-nama dalam bahasa Madura yaitu Goa Petapan (gua untuk bersemedi), Goa Potre (gua putri), Goa Planangan (gua laki-laki), Goa Pancong Pote (gua pancung putih), dan Goa Olar (gua Ular).

Menurut keyakinan masyarakat Madura, Bukit Geger yang berada di Desa Geger ini menjadi tempat manusia pertama yang menginjakkan kaki di bumi Madura, yaitu Patih Pranggulan dari Kerajaan Medang. Dialah orang pertama yang mendarat di Planggirân (tumpukan batu karang) di bukit Geger.//cw

 

Tinggalkan Balasan