Kurang 3 KTA DPW PAN Jatim Lolos Verifikasi Faktual

Amanat – Verifikasi yang dlakukan KPU Jatim dibawah pengawasan Bawaslu di kantor DPW PAN Jatim berjalan lancar, karena memang data-data yang diperlukan dan pengurus yang dihadirkan sudah disiapkan jauh hari sebelumnya. Sehingga team KPU yang melakukan verifikasi dipimpin langsung Eko Sasmito ini meminta berkas berkas yang diperlukan untuk dicocokkan keabsahanya dan didata satu persatu tidak mengalami kendala.

Bahkan seluruh pengurus perempuan dihadirkan semua, karena memang salah satu syarat verifikasi adalah keterwakilan perempuan yang harus mencapai 30%. “Dan Alhamdulillah akhirnya PAN Jatim dinyatakan telah melengkapi semua persyaratan verifikasi KPU, meskipun ada sedikit kekurangan hanya 3 KTA pengurus yang tidak sesuai nomor induknya dengan data saat pendaftaran Sipol (Sistem Informasi Partai Politik),”  ujar Basuki yang disambut tepuk tangan para pengurus PAN.

Menurut Eko, kekurangan itu bisa dilakukan pada waktu perbaikan berkas yang dilakukan. “Hal ini tidak menjadi masalah karena memang masih ada waktu untuk melengkapi data yang diperlukan,” tandas Eko menanggapi kekurangan 3 KTA.

verifikasi4 300x182 - Kurang 3 KTA DPW PAN Jatim Lolos Verifikasi Faktual
Eko Sasmito Ketua KPU Jatim bersama Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPW PAN

Eko Sasmito mengatakan, secara administrasi DPW PAN Jatim telah memenuhi persyaratan, karena KPU melakukan acak, pengurus yang menjadi sample harus ada dan datanya harus sesuai dengan saat pendaftaran via Sipol. “Ini tidak persoalan yang serius, apalagi masih ada watu untuk memperbaiki,” ujar Eko dihadapan pengurus PAN Jatim.

Verifikasi faktual terhadap partai politik lama ini dilakukan karena putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017 yang menyatakan dilakukannya verifikasi terhadap semua partai politik calon peserta Pemilu 2019, dengan mendatangi kantor Partai Politik di semua tingkatan sesuai data yang sudah di daftarkan ke KPU melalui Sipol. (TJ)

 

Tinggalkan Balasan