Sen. Jul 6th, 2020

Komisi B DPRD Jatim Minta Pemprov Fokus Pada Penyelamatan Aset

1 min read
IMG 7176c - Komisi B DPRD Jatim Minta Pemprov Fokus Pada Penyelamatan Aset

Amanat – Komisi B DPRD Jawa Timur menemukan sejumlah aset milik Dinas Pertanian Jawa Timur telah diserobot warga. Atas temuan ini, Komisi B DPRD Jatim meminta Pemprov Jatim untuk fokus pada inventarisir dan penyelamatan serta sertifikasi aset.  

“Berkurangnya kegiatan pembangunan atau belanja langsung  karena sebagian anggaran di-refocusing untuk terdampak Covid-19, birokrasi bisa fokus pada inventarisir dan penyelamatan serta sertifikasi aset,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim Amar Syaifudin di Surabaya, Kamis (28/5/2020).

Amar menjelaskan, Komisi B telah melakukan kunjungan ke beberapa wilayah kantor UPT Dinas Pertanian. Hasilnya sejumlah aset Pemprov Jatim di bawah pengelolaan Dinas Pertanian telah diserobot warga.

Di antaranya, di Kabupaten Malang seluas 14 Ha, di Kabupaten Pasuruan seluas 8 Ha, dan di Kabupaten Banyuwangi seluas 1,6 Ha.

“Dari sejumlah aset Pemprov yang diserobot warga itu sebagian sudah masuk proses hukum. Sementara tanah di Kepanjen, Malang, masih proses BAP,” jelas anggota F-PAN tersebut.   

Aset tanah milik Dinas Pertanian sekitar 300 Ha dan tersebar di hampir semua wilayah Kabupaten/Kota di Jatim. Dari jumlah itu, dimungkinkan masih banyak aset baik berupa tanah maupun bangunan  yang perlu didata ulang atau diinventarisir. Sehingga tidak beralih kepemilikannya ke fihak lain, baik melalui proses tukar guling,  diperjualbelikan, maupun diserobot warga

“Dari temuan kami di Dinas Pertanian tersebut,  kami mendesak kepada Pemprov untuk melakukan inventarisir aset baik yang berupa barang, bangunan dan tanah,” tegas mantan wakil bupati Lamongan itu. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.