Ketua MPR : Kepala daerah harus fasilitasi kreatifitas masyarakat

Amanat – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan bahwa kepala daerah harus memfasilitasi kreatifitas masyarakat.

Hal itu disampaikan tokoh yang akrab dipanggil Zulhas tersebut saat membuka Festival Way Kambas XVII di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu (12/11/2017).

Festival tersebut digelar secara rutin setiap tahun pada bulan November. Berbagai kegiatan diselenggarakan seperti festival musik, lomba kreasi souvenir, festival kuliner, parade gajah, dan lain sebagainya.

Di awal sambutan, Zulhas yang asli Lampung mengungkapkan dirinya sudah biasa bolak-balik ke Taman Nasional.

“Saat menjadi Menteri Kehutanan saya sudah biasa ke sini,” ujarnya.

Di taman nasional tersebut, menurutnya tak hanya ada gajah namun juga ada badak. Bahkan anak badak yang lahir di sana pernah diberinya nama Andatu.

Zulhas juga mengapresiasi kreatifitas bupati dan masyarakat Lampung Timur. Menurutnya festival musik bisa menjadi jalan untuk mengurangi masalah penggangguran.

“Ada festival maka bisa mengembangkan kreatifitas anak-anak muda. Kreatifitas juga dapat meningkatkan potensi daerah,” ujarnya.

Zulhas mengatakan bahwa kepala daerah harus memfasilitasi kreatifitas masyarakat atau mencarikan pasar dari produk masyarakat sementara masyarakat harus menggunakan kesempatan itu.

Zulhas juga mengingatkan soal sampah. Menurutnya sampah adalah masalah bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

Ia mencontohkan bahwa di Jepang tidak ada sampah dan tempat sampah karena masalah sampah adalah masalah bersama.

“Mereka tidak buang sampah sembarangan. Bila mereka menyampah di jalan, sampahnya dikantongi, dibawa pulang dan dibuang di rumah,” tambahnya.

Zulhas pun menegaskan pentingnya kebersamaan antara pemerintah dan rakyat.

“Sehebat apapun kepala daerah kalau tak akan ada kebersamaan, masalah itu tak akan selesai,” ujarnya. HK/Sumber : Antara

 

Tinggalkan Balasan