Ketua Bapilu DPW Ingatkan Bacaleg PAN

Amanat – Proses Pemilu legislatif tahun 2019 yang sudah diambang pintu tidak disia siakan Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Jawa Timur untuk mensosialisasikan UU Pemilu dan segala aturan umum maupun internal mulai dari perekrutan, proses hingga hak dan kewajiban para Bakal Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional.

Sebagaimana disampaikan Amar Saifudin saat di dapil X yang meliputi kabupaten Jombang, Kota dan Mojokerto (11/11) mengingat PAN dalam perekrutan Bacaleg terbuka untuk umum khususnya tokoh tokoh masyarakat baik di tingkat lokal maupun nasional, maka Bacaleg yang terpilih memiliki kewajiban kepada Balaceg lain yang tidak jadi. “Ini demi keadilan agar semua Bacaleg bekerja keras untuk mendulang suara,” tandas Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PAN Jatim.

Lebih lanjut Wakil Ketua KPPW menjelaskan, sistem pemilu dengan suara terbanyak ini menguntungkan para Bacaleg agar termotivasi untuk mengumpulkan pundi pundi suara, karena suara yang didapat meskipun tidak terpilih jadi Legislatif akan mendapat kompensasi dari Caleg yang terpilih. “Asal minimal dapat suara 10% dari suara partai di dapil tersebut,” tandas Amar.

Amar Saifudin no 2 dari kiri bersama pengurus harian DPW PAN Jatim 300x182 - Ketua Bapilu DPW Ingatkan Bacaleg PAN
Amar Saifudin (no 2 dari kanan) bersama pengurus harian DPW PAN Jatim, saat Pra Koordinasi di Jombang

Amar juga mengingatkan, Caleg terpilih harus menyelesaikan kompensasi tersebut selambat lambatnya 2 tahun setelah dilantik menjadi anggota Dewan kepada Caleg lain yang tdak terpilih. “Tentu saja jika tidak melaksanakan kewajibanya akan diberi sangsi dengan Pergantian Antar Waktu (PAW), setelah diproses sesuai AD/ART,”  paparnya.

Namun demikian sebagaimana dikatakan Amar, Caleg terpilih tidak dikenakan kewajiban untuk memberikan  kompensasi lain, jika Caleg tersebut mampu mendapatkan kursi dengan perolehan suara tanpa akumulasi perolehan suara di dapilnya. “Untuk itu semua Bacaleg harus berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan suara sebanyak banyaknya,”  ujar Amar di depan para pengurus DPD PAN Jombang dan Mojokerto. (Tj)

Tinggalkan Balasan