Kaldu Sumsum Al-Ghozali- Sampang Nikmat Sampai Sedotan Terakhir

Amanat – Orang mengenal kuliner andalan depot yang berlokasi di Jalan Diponegoro 34-A Sampang itu dengan sebutan kaldu sumsum. Disajikan dengan wujud tulang dengkul (lutut) sapi berukuran super jumbo, sumsum dimaksud berada dalam tulang tulang tersebut.

Cara menikmatinya pun menjadi sensasi tersendiri. Tidak perlu memecahkannya, sumsum yang terletak di dalam tulang bisa dinikmati cukup dengan sebatang sedotan. Sedikit kuah dimasukkan ke dalam tulang lalu disedot seperti menyedot minuman. Surrppp… nikmat dan gurihnya kaldu sumsum yang berlemak pun terasa di lidah.

Kaldu sumsum dengkul sapi dihidangkan dengan sebuah piring besar yang terlihat penuh. Di dalamnya terdapat juga daging tetelan dan tulang muda yang menawarkan rasa berbeda. Kaldu sumsum dan daging yang begitu empuk, pas banget dinikmati dengan nasih putih hangat, sambal, dan tetesan jeruk nipis.

“Enak kuahnya. Kerasa banget rempah-rempahnya. Pas disruput rasa sumsumnya berasa menyatu. Nikmat sampai sedotan terakhir. Sekali nyoba pasti mau lagi dan lagi,” kata Kitty, salah seorang pelanggan Depot Al-Ghozali asal Surabaya.

Seperti dirasakan Kitty, kunci kelezatan kuliner khas Sampang tersebut terletak pada bumbu rempahnya. Menurut Hj. Nur Hasanah, pengelola Depot Al-Ghozali, bumbu-bumbunya tak jauh beda dengan bumbu sop. Berasal dari tumisan bawang putih, bawang merah, jahe, merica, dan pala, ditambah daun prei dan daun bawang.

sumsum1 - Kaldu Sumsum Al-Ghozali- Sampang Nikmat Sampai Sedotan TerakhirSatu porsi kaldu sumsum dengkul sapi bisa dinikmati dengan harga Rp. 70.000,-. Harga yang cukup sebanding dengan kelezatan yang ditawarkan. Depot yang berlokasi di sisi kanan jalan raya yang menghubungkan Sampang dengan Pamekasan itu buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 20.00 WIB.

Selain dari Sampang sendiri, depot yang sudah berdiri 40 tahun lebih ini juga banyak dikunjungi pelanggan dari luar daerah. Menurut Nur Hasanah, menteri penerangan era Orde Baru, Harmoko, dan pelawak Komar, bila ke Madura selalu menyempatkan diri singgah ke depot ini. (HK)

Tinggalkan Balasan