Fraksi PAN desak Golkar segera ganti Setnov untuk pulihkan citra DPR

Amanat – Ketua DPP PAN Yandri Susanto menyarankan Fraksi Partai Golkar untuk segera mengganti Setya Novanto dari jabatan Ketua DPR, karena menyangkut dengan citra dewan secara keseluruhan.

“Partai Golkar harus mendorong itu kalau enggak kan, kalaupun Pak Novanto enggak mau kan enggak bisa juga jadi harus dua-duanya. Cukup mengganggu citra kelembagaan DPR hari ini,” kata Yandri.

Menurut Yandri, semua fraksi partai di DPR mendesak Golkar untuk mengganti Setnov. Meski demikian, Yandri mengaku jika keputusan tetap ada di tangan Fraksi Partai Golkar.

“Semua partai mendesak tetapi kalau Golkar enggak mau juga enggak bisa karena kan UU MD3 nya begitu. Jadi partai yang punya hak untuk menjadi Ketua DPR hari ini kan Golkar jadi kalau misalkan Golkar enggak mau ya enggak akan terjadi itu,” tegasnya.

Sekretaris Fraksi PAN ini meyakini Golkar akan merekomendasikan pergantian Setnov jika saran tersebut datang dari seluruh fraksi partai di DPR. “Jadi kalau pun semua saya yakin Golkar juga kalau semua fraksi misalkan mengusulkan ataupun menyuarakan perlunya ada pergantian ketua saya yakin Golkar akan terima,” ujarnya.

Senada dengan Yandri, Sekjen PAN Eddy Suparno mengungkapkan akan segera berkonsultasi dengan Ketua Fraksi PAN untuk mengkaji beberapa opsi guna menegakkan kembali kredibilitas lembaga DPR. Salah satunya pergantian Setnov dari pucuk pimpinan dewan.

“Secepatnya DPP PAN akan berkonsultasi dengan Fraksi PAN untuk mengembalikan kehormatan DPR, khususnya kursi pimpinan yang vakum pasca penahanan Ketua DPR,” tandas Eddy.

Eddy juga mengakui munculnya opini publik bahwa ditahannya Setnov akan mencoreng nama baik DPR.

“Kami turut prihatin atas kejadian yang mencederai dan mencoreng nama baik DPR. Oleh karenanya sudah menjadi tugas PAN dan seluruh parpol di DPR ke depannya untuk mengembalikan marwah lembaga legislatif melalui penguatan pimpinan dengan sosok yang berintegritas, memiliki rekam jejak yang baik dan berkomitmen terhadap pemberantasan korupsi,” tukasnya.cw

 

Tinggalkan Balasan