Fahri Hamzah: Ada Pihak yang Berusaha Menghapus Peran Pak Amien dalam Sejarah Reformasi

Amanat.news  – Dalam diskusi yang digelar oleh Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN bertema Reformasi ’98: Menolak Lupa!, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan bahwa saat ini memang ada kelompok yang ingin meniadakan peran Amien Rais dalam reformasi ’98.

“Ada yang takut bahwa klaim tokoh reformasi yang diberikan kepada Pak Amien membuat sebagian kelompok masyarakat menjadi tidak relevan. Peran mereka tidak relevan dalam reformasi tapi selalu menjadikan isu reformasi sebagai bahan bargaining politik. Padahal sejatinya peran mereka memang tidak relevan karena bukan pembaharu dalam proses reformasi,” tandas Fahri.

Fahri mengatakan Amien Rais selalu konsisten mengkritik keras pemerintah terus dilakukan kepada siapa pun yang tengah berkuasa.

“Karena dia (Amien Rais) membangunkan kreativitas dan sikap kritis publik kepada pemerintahan yang cenderung menyimpang,” kata Fahri.

Menurut Fahri, Amien selalu hadir sebagai oposan intelektual karena berangkat dari dunia kampus. Dimulai dari Universitas Gadjah Mada, kemudian terpilih menjadi Ketua PP Muhammadiyah, Amien lalu saat peralihan kekusaan justru membentuk Partai Amanat Nasional.

Saat itu, tampuk kekuasaan dari Soeharto ke BJ Habibie, Amin sempat ditawari menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Agung.

“Tapi apa, seorang Amien Rais dia tidak mau langsung pindah menjadi Ketua DPA. Dia bikin partai politik. Dia bilang Pak habibie silakan jadi Presiden saya di luar akan jadi lawan tinju pak Habibie. Saya dari luar yang melakukan serangan-serangan supaya sehat lah demokrasi kita ini. Sehat reformasi kita,” ujarnya.

Atas dasar, itu lah, Fahri mempertanyakan fanatisme pendukung Jokowi yang kerap menganggap sikap kritis Amien Rais tanpa dasar dan fakta. Bahkan, Ia mempertanyakan jasa Jokowi selama memerintah bila dibandingkan Amien Rais.

“Wahai orang-orang yang mengkritik pak Amien, dan mendelegitimasinya. Tanya bos kalian Pak Jokowi itu ada di mana dalam reformasi?” kata Fahri.//cw

Tinggalkan Balasan