Sel. Okt 15th, 2019

DPRD Jatim Gelar Paripurna Penetapan Tatib dan AKD, Fraksi PAN Siap Bekerja Maksimal

2 min read
DSC08699 - DPRD Jatim Gelar Paripurna Penetapan Tatib dan AKD, Fraksi PAN Siap Bekerja Maksimal

Amanat.news – Setelah sempat tertunda beberapa kali, akhirnya DPRD Jawa Timur menggelar Rapat Paripurna untuk mengesahkan Tatib DPRD Jatim dan penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada Kamis (10/10).

Sebelumnya, AKD ditargetkan tuntas 20 September 2019 silam. Dengan molornya jadwal pembentukan AKD tersebut, kinerja dewan menjadi terhambat. “Padahal banyak keputusan strategis yang harus segera ditindaklanjuti. Pertimbangan utama pelaksanaan paripurna hari ini adalah agar kita segera bisa bekerja, setelah pembentukan AKD tuntas, ” kata Agung Supriyanto, SH, Sekretaris Fraksi PAN DPRD Jawa Timur.

Menurutnya, setelah AKD disahkan, seluruh anggota Fraksi PAN bisa siap untuk bekerja maksimal. Ia bahkan meyakini jika seluruh anggota dewan bisa berlari untuk bekerja pekan depan. 

“Seluruh anggota Fraksi PAN, insyaallah sudah siap bekerja, minggu depan sudah siap berlari kencang. Semangatnya saya kira lagi bagus, semangat untuk bekerja,” tandas Agung.

Sebagaimana dijelaskan Kusnadi ketika membuka rapat paripurna, penundaan tersebut akibat belum turunnya verifikasi Tata Tertib (Tatib) DPRD Jatim dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tatib menjadi landasan dewan dalam bekerja sekaligus dasar pembentukan AKD.

“Kendati belum ada jawaban tertulis dari Depdagri tapi kita telah konsultasi intensif dengan Kemendagri sehingga hari ini kami pimpinan dewan dan ketua-ketua fraksi di DPRD Jatim bersepakat untuk segera mengesahkan Tatib DPRD Jatim pada rapat paripurna di hari ini” ujar Kusnadi.

Lebih jauh Kusnadi menjelaskan bahwa jika nantinya jawaban dari Kemendagri sudah ada dan diperlukan revisi, maka DPRD Jatim sudah bersepakat akan menjadi tanggungjawab Bapem Perda untuk membahasnya. “Kemungkinan yang ada revisi Tatib itu hanya yang bersifat lokal,” tandasnya.//c

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.