Sab. Agu 15th, 2020

Dari Diskusi Virtual PAN Jatim, Partai Advokasi Bisa Pertajam Orientasi Kerja Politik Kader PAN

2 min read
IMG 4504 - Dari Diskusi Virtual PAN Jatim, Partai Advokasi Bisa Pertajam Orientasi Kerja Politik Kader PAN

Amanat.news – Seluruh kader PAN di Jawa Timur menyambut antusias gagasan partai advokasi yang disampaikan oleh Bendahara Umum PAN, Totok Daryanto, dalam diskusi virtual pada Minggu (7/6) lalu.

“Gagasan ini adalah jalan keluar atas krisis kepercayanan publik terhadap parpol, karena akan menjadi wahana untuk mengembalikan politik ke jalan yang benar, bahwa politik bukan jalan uang,” tandasnya.

Saat ini yang mengemuka, lanjut Totok, politik urusan utamanya adalah uang dan uang. “Terjadi kesalahkaprahan. Kesalahan yang dikerjakan bersama-sama seakan suatu kebenaran,” katanya.

Menurut Totok, profesi politik tugas utamanya seharusnya pekerjaan politik. Uang sekedar alat pendukung, bukan segala-galanya. Esensi program politik adalah mendengar aspirasi rakyat. Memperjuangkannya secara riil sehingga dirasakan oleh rakyat.

“Masa Pandemi ini adalah momentum untuk mengaplikasikan orientasi kerja partai dalam mengadvokasi problem-problem masyarakat,” kata kader senior PAN ini.

Lebih lanjut Totok menambahkan bahwa partai advokasi bertumpu pada sumber daya manusia. “Kader PAN di semua tingakatan bisa berkolaborasi dengan tokoh-tokoh lokal atau perguruan tinggi serta LSM yang memiliki kepedulian atas pengentasan problem di masyarakat,” paparnya.

Totok juga yakin bahwa konflik internal juga akan berkurang manakala para kader partai mempunyai kesibukan yang produktif dalam menjalankan fungsi representasi. Politisi banyak konflik karena partai tidak memiliki program kerja politik yang produktif.

“Dengan orientasi kerja partai di dalam mengadvokasi problem-problem bangsa akan tumbuh kader-kader yang terasah empatinya. Dan orang yang memiliki empati akan semakin berkurang egoismenya sehingga menjadi jarang pula terjadi konflik kepentingan pribadi,” pungkasnya.

Diskusi yang digelar secara virtual ini adalah seri pembuka dari rangkaian diskusi mingguan diselenggarakan oleh Badan Pengkaderan DPW PAN Jawa Timur.

 “Kami akan menggelar diskusi secara virtual ini secara rutin mingguan dengan tema-tema yang relevan dengan isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat. Diharapkan, melalui diskusi rutin semacam ini bisa mengasah kader PAN di Jatim menjadi kader-kader yang memiliki dedikasi politik yang tinggi,” urai Moeljadi, Wakil Ketua Bidang Pengkaderan PAN Jatim yang bertindak sebagai moderator pada sesi diskusi bertema “Tantangan Partai Advoksi di Masa Pandemi” itu.//cw

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.