Cegah berbagai penyakit dengan buah naga

Amanat – Buah naga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Mulai penurun kolesterol, mencegah kanker, hingga mencegah diabetes. Namun khasiat paling besar buah naga adalah sebagai anti oksidan.

“Buah naga mampu menetralkan radikal-radikal bebas di dalam tubuh manusia,”  kata dr. Arijanto Jonosewojo SpPD, pengajar di Fakultas Kedokteran Unair.

Khasiat tersebut berasal dari zat betakaroten yang dikandungnya. Betakaroten merupakan provitamin A yang setelah diubah menjadi vitamin A akan berguna bagi proses metabolisme.

Betakaroten juga bisa mencegah kanker, terutama kanker kulit dan paru. Zat ini dapat menjangkau banyak bagian tubuh dalam waktu relatif lebih lama.  Sehingga memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Selain betakaroten, buah naga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengikat kolesterol di dalam tubuh.

Zat ini juga sangat baik untuk sistem peredaran darah, penyeimbang kadar gula, dan menormalkan kadar gula darah penyebab kolesterol. Lemak tak jenuh dapat pula mengurangi tekanan emosi dan menetralkan racun dalam darah.

Buah naga memiliki kandungan serat mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu.

Produk akhir kolesterol itu akan dibuang tubuh bersama tinja. Maka, konsumsi serat yang semakin tinggi akan semakin mengeluarkan banyak asam empedu dan lemak dari tubuh.

Kandungan serat yang tinggi juga mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker dalam tubuh. Sementara serat pangannya (dietary fiber) mampu memperpendek transit time, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Serat pangan sangat baik untuk mencegah diabetes

Kemudian, kandungan kalium, zat besi, protein, dan kalsium dalam jumlah cukup baik bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Zat-zat itu berguna untuk menetralkan racun dalam darah, meningkatkan daya penglihatan, dan mencegah hipertensi.

Perseratus gram daging buah naga juga mengandung kadar vitamin B1 mencapai 0,3 mg. Ini membuat buah naga cocok dikonsumsi oleh anak-anak, dewasa, sampai ibu hamil.

Terakhir, buah naga memiliki kandungan mineral dan air yang cukup tinggi, mencapai 83 gram per 100 g daging buah. Kandungan air yang tinggi membuat buah naga dapat dijadikan pencuci mulut yang lezat dan berguna untuk mengobati sariawan. HK/berbagai sumber.

 

 

Tinggalkan Balasan