Caleg Perempuan 40 Persen Lebih, Bukti PAN Jatim Demokratis

Amanat – DPW PAN Jawa Timur telah mendaftarkan 116 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk bertarung di pemilu legislatif 2019. Dari angka tersebut, terdapat bacaleg perempuan yang jumlahnya di atas kuota 30 persen.

Dari data KPU Jawa Timur, jumlah bacaleg perempuan PAN mencapai 40,52 persen. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari partai-partai besar seperti PDIP (39,17 persen), PKB (36,67 persen), dan Gerindra (36,67 persen).

DPW Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Jatim menilai angka tersebut menunjukkan adanya peningkatan semangat perempuan untuk turut berkontribusi dalam membangun negara melalui lembaga legislatif.

Selain itu, PUAN Jatim menilai angka tersebut sebagai konfirmasi langkah demokratis yang dilakukan oleh DPW PAN Jatim. Di bawah pimpinan H. Masfuk, PAN Jatim telah berusaha meningkatkan peran perempuan sebagai bagian dari demokrasi.

hawin edit 265x300 - Caleg Perempuan 40 Persen Lebih, Bukti PAN Jatim Demokratis
Ketua PUAN Jatim Hawin Churiyati

“Saya gembira dengan angka itu. Ini berarti PAN Jawa Timur telah serius mengajak perempuan untuk terlibat aktif dalam kancah politik, tidak sekedar memenuhi kebutuhan kuota saja,” kata Ketua PUAN Jatim, Hawin Churiyati, di Surabaya, Jumat (20/7).

Menurut Hawin, jumlah tersebut juga menunjukkan bahwa organisasi yang dipimpinnya telah menjalankan fungsinya dengan baik. Melalui PUAN, PAN Jawa Timur berhasil memberikan kesadaran dan mengikis ketakutan perempuan untuk masuk dalam dunia politik.

“Itulah mengapa banyak perempuan berminat untuk bergabung. Semoga PAN Jatim di bawah kepemimpinan Pak Masfuk makin berkibar. Aamiin,” tegas perempuan yang juga menjadi bacaleg PAN untuk DPRD Propinsi ini. HK

Tinggalkan Balasan