Basmi tekanan darah tinggi dengan cincau hijau

Amanat – Cincau atau camcau, minuman tradisional yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Penjualnya banyak bertebaran di pinggir-pinggir jalan kota besar. Beberapa resto, rumah makan, atau cafe, juga banyak menyediakan minuman ini.

Disajikan dalam keadaan dingin, cincau terasa sangat menyegarkan, tidak kalah dengan minuman lainnya. Bukan hanya segar, manfaat kesehatan pun bisa diperoleh bila rutin mengonsumsinya.

Penelitian menyimpulkan, daun cincau hijau mengandung karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida, dan lemak. Juga vitamin A, vitamin B, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungannya ini, cincau hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan radang lambung, demam, dan tekanan darah tinggi.

Tentang penyakit yang disebut terakhir, penelitian yang dilakukan Prof Dr. Sardjito dkk dari Jogjakarta pada 1966 berhasil membuktikannya. Saat itu, salah satu uji coba dilakukan pada seorang pasien berumur 70 tahun yang tekanan darahnya mencapai 215 mm/120 mm.

Setelah mengonsumsi cincau dua kali sehari selama satu bulan, tekanan darahnya mengalami penurunan menjadi 160 mm/100 mm. Keluhan pusing, sering lelah, dan jalan sempoyongan, pun hilang, serta berat badan turun.

Cincau juga bisa membantu menyembuhkan penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Ini karena cincau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Penelitian Direktorat Gizi Departemen Kesehatan menemukan 6,23 gram per 100 gram kandungan serat kasar dalam gel cincau. Mengonsumsinya sehari-hari bersama buah dan sayur-mayur, bisa menyukupi kebutuhan serat harian sebesar 30 gram.

Bila kandungan seratnya cukup tinggi, tidak begitu dengan kandungan kalori yang hanya 122. Karena kandungan serat yang tinggi dan kalorinya rendah, mengonsumsi cincau setiap malam bisa membantu melancarkan buang air besar.

Manfaat kesehatan juga bisa didapat dari akarnya yang mengandung pati, lemak, dan alkaloid cycleine. Zat-zat inilah yang membuatnya mampu mengobati demam dan sakit perut. HK/bbs

 

Tinggalkan Balasan