Sab. Agu 15th, 2020

Badan Perkaderan DPW PAN Jatim Gelar Diskusi Online ‘Tantangan Partai Advokasi di Tengah Pandemi’

2 min read
SAVE 20200605 085109 - Badan Perkaderan DPW PAN Jatim Gelar Diskusi Online ‘Tantangan Partai Advokasi di Tengah Pandemi’

Amanat – Partai politik seharusnya menjalankan fungsi-fungsi politiknya secara masif dan berkualitas, yang bobot pengaruhnya terhadap dukungan rakyat melebihi pengaruh kekuatan uang. Itulah partai advokasi, yang dalam operasionalisasinya merupakan gerakan politik yang bertumpu pada gerakan moral dan gerakan perubahan.

“Disebut gerakan moral karena gagasan ini berangkat dari keprihatinan terhadap demokrasi di Tanah Air yang telah dibajak oleh kekuatan dominasi uang dan kepentingan pelakunya,” tulis politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Totok Daryanto, dalam bukunya ‘Partai Advokasi: Menghapus Dominasi Uang dalam Politik‘.

“Disebut gerakan perubahan karena gagasan partai advokasi bukan sekadar konsep teoritis yang diwacanakan, tetapi harus dipraktikkan,” lanjutnya.

Sebagai gerakan moral, partai advokasi berpegang pada nilai-nilai demokrasi dan meyakini bahwa fungsi-fungsi politik merupakan satu-satunya pendekatan yang benar untuk meraih dukungan politik dalam pemilu.

“Para penggiat partai advokasi adalah orang-orang yang memiliki panggilan jiwa untuk menolong rakyat melalui jalur politik,” jelas Bendahara Umum DPP PAN itu.

Tugas utama mereka adalah bergaul dengan masyarakat, memahami dan mendalami persoalan masyarakat, berdialog dengan masyarakat untuk mencari solusi, bekerja dengan hati dan berjuang dengan sungguh-sungguh mengatasi persoalan masyarakat, dan menyadarkan rakyat bahwa dalam pemilu hanya akan mendukung para wakil rakyat dan pejabat negara yang mempunyai komitmen dalam perjuangan advokasi.

Dalam situasi negeri tengah mengalami keprihatinan akibat pandemi virus Covid – 19 saat ini, kehadiran partai advokasi sejatinya sedang menemukan momentumnya. Saat seperti ini lah saat yang tepat untuk partai politik turun ke masyarakat dan berjuang sungguh-sungguh mengatasi persoalan masyarakat.

Mengambil momentum itu pula, Badan Perkaderan DPW PAN Jawa Timur akan menggelar silaturahmi dan diskusi online dengan tema ‘Tantangan Partai Advokasi di Tengah Pandemi’. Penulis buku ‘Partai Advokasi: Menghapus Dominasi Uang dalam Politik’, Totok Daryanto, menjadi pembicara utama diskusi yang akan digelar Minggu (7/6/2020), pukul 19.00 – 21.00 WIB.

“Tema ini menjadi pas karena saat seperti sekarang menjadi saat yang tepat bagi kader-kader partai yang memiliki panggilan jiwa untuk bersama-sama turun menolong rakyat,” kata Sekretaris Badan Perkaderan DPW PAN Jatim, Agus Anang Fathoni.

Menurut Agus, para peserta diskusi adalah kader-kader muda PAN se-Jatim yang pernah digodok lewat Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) dan Latihan Kader Amanat Madya (LKAM). Juga para pengurus PAN dari seluruh Jatim.

Untuk pembicara, selain Totok Daryanto, ada Sekretaris DPW PAN Jatim, A Basuki Babussalam, yang menjadi pemantik diskusi. Ketua DPW PAN Jatim, H. Masfuk SH, juga direncanakan mengikuti diskusi yang dimoderasi oleh Wakil Ketua Bidang Perkaderan DPW PAN Jatim, Moeljadi, tersebut. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.