Rab. Des 11th, 2019

Awalnya Dicibir, Kini Buktikan Efektif Amankan Suara

2 min read
ip ok - Awalnya Dicibir, Kini Buktikan Efektif Amankan Suara

Amanat.news – Komunitas Sakti kabupaten Kediri berhasil menahan gempuran tsunami money politic di pileg 2019 lalu, sehingga berhasil mengamankan perolehan suara. Sudah tiga kali pemilu, strategi yang dijalankan cukup efektif. Padahal pada awal pendiriannya sempat dicibir.

Sakti didirikan menjelang pemilu 2009 silam. “Kala itu dibentuk memang dalam rangka untuk mendukung pemenangan Ir. H A Risky Sadiq, yang maju nyaleg DPR RI dan DR. Basuki Babussalam, yang maju nyaleg DPRD Provinsi. Saat itu jumlah kader kami kurang lebih 800 orang,” tandas Harsono.

up1 - Awalnya Dicibir, Kini Buktikan Efektif Amankan SuaraUniknya, di setiap keliling bertemu dengan kader dan calon pemilih, Risky Sadiq maupun Basuki Babussalam tak mengungkapkan janji apa pun. Keduanya hanya menjanjikan akan terus merawat hubungan persudaraan yang dimulai dari perkenalan saat itu terus terawat dan terjalin.

“Banyak yang mencibir awalnya , sebab yang lainnya setiap sudah jadi pasti akan jarang dan susah dihubungi apalagi intens menjalin komunikasi. Tapi itu justru melecut kami untuk membuktikannya. Karena itu wadah paseduluran ini kemudian kita namakan Sakti, kependekan dari Satu Kata Satu Hati,” terang Ir. H A Risky sadiq.

Makna Satu Kata Satu Hati, lanjut Risky adalah apa yang diucapkan selaras dengan niat yang ada dalam hati dan linier dengan perbuatan yang dilakukan. Kata-kata ini kemudian menjadi roh yang menyatukan kader yang awalnya hanya terbentuk untuk mendukung kerja pemenangan menjadi sebuah wadah yang mengikat secara persaudaraan.

Cara ini ampuh untuk menumbuhkan kesadaran bersama sehingga masyarakat pemilih dan politisi dipersatukan akan adanya masalah dan kemauan bersama untuk mengatasi. Sekaligus, hal semacam ini menjadi cara efektitf untuk mengatrol dukungan sosial, karena publik akan merasa dekat dengan politisi yang berada bersama-sama mereka memberikan pelayanan sosial.//cw

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.