Anies: Mas Hanafi memahami kenyataan yang ada di Ibu Kota

Amanat – Pemberian prototype becak listrik oleh Hanafi Rais kepada  Pemprov DKI, dinilai oleh Gubernur DKI sebagai wujud bentuk pemahaman Hanafi atas kenyataan yang ada di Ibu Kota.

“Mas Hanafi sekarang hadir dengan membawa contoh (becak listrik), maka beliau memahami kenyataan itu lalu memberikan usulan, solusi, untuk menggunakan energi listrik,” kata Anies di Balai Kota, Minggu (11/3).

Kenyataannya, menurut Anies, banyak wilayah di Jakarta terutama di kampung-kampung yang masih menggunakan becak sebagai moda transportasi. Becak dipilih lantaran fleksibilitasnya dalam melewati gang-gang kecil dengan bawaan banyak.

Adanya becak di beberapa wilayah di Ibu Kota itu, menurut Anies, menunjukkan masih dibutuhkannya jasa pengayuh becak.

Anies menambahkan, becak listrik yang ditawarkan Hanafi tentu memudahkan mereka para pengayuh yang menawarkan jasa transportasi lingkungan berbentuk becak. Tukang becak tak perlu lagi mengayuh namun cukup menarik tuas gas untuk menjalankannya.

Anies mengapresiasi inisiatif dari anggota Komisi I DPR RI tersebut. Becak menggunakan tenaga listrik ini bebas polusi, bebas kebisingan, fleksibel dan tak ada bedanya dengan becak tenaga manual. Bedanya, kata dia, becak listrik hemat energi manusia.

“Ini akan saya simpan, akan saya taruh di Balai Kota, kan ini buat Pemprov DKI, saya taruh di Balai Kota, jadi salah satu yang bisa dilihat jika orang datang ke sini,” katanya.

Hanafi mengaku becak listrik yang diberikan kepada Anies ini inisiatif pribadinya. “Terus terang ini dari inisiatif saya pribadi mendapatkan ide becak listrik ini,” tandasnya.//cw-antara

Tinggalkan Balasan