Anang gelontor buku untuk dorong minat baca di Lumajang

Amanat – Salah satu agenda Anang Hermasyah anggota DPR RI komisi X berkunjung ke dapilnya (2/11) Jember-Lumajang adalah mendorong perpustakaan di daerah agar maju sesuai harapan untuk memenuhi minat baca masyarakat. Untuk itu diadakan dialog interaktif  di Cafe Baca perpustakaan daerah kabupaten Luamajang.

Anang berharap, pemerintah memperhatikan kondisi perpustakaan yang dinilai kurang representatif dan masih jauh dari harapan. Hal ini diakui Kepala UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Sugiono Eksantoso, perpustakaan yang ada memang masih kurang terutama dari segi ragam buku dan jumlahnya yang kurang memadai. “Kita dorong dengan penggelontoran buku ke sejumlah sekolah, dan tentunya juga harus dipersiapkan infrastruktur perpustakaan,” kata Sugiono.

Anang - Anang gelontor buku untuk dorong minat baca di Lumajang
Anang saat dialog di Cafe Baca Lumajang

Sementara Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang, Yos Sudarso menjelaskan bahwa tujuan Anang Hermansyah yang juga merupakan Politisi PAN  itu terkait sosialisasi Undang Undang No 3 tahun 2017 dan follow up tentang program literasi dimana Kabupaten Lumajang telah meraih penghargaan di tingkat Nasional.

Yossi memaparkan, dalam pengembangan program literasi itu nantinya setiap sekolah harus memiliki fasilitas perpustakaan yang memadai termasuk buku bacaan yang beragam serta situasi ruang baca nyaman.  Untuk itu dia menargetkan jumlah perpustakaan dalam kurun waktu 2018-2019 dimasing-masing Lembaga Pendidikan di tingkat SD dan SMP harus memiliki 100 unit Perpustakaan dari 800 lembaga, sedangkan untuk Lembaga di SMA,SMK sederajat yang berjumlah 95 lembaga dapat terpenuhi seluruhnya. (TJ)

Tinggalkan Balasan