Abu Bakar Antarkan Kediri Sebagai Kota Cerdas 2017

Amanat –  Program dan gagasan di kota Kediri tampaknya banyak mendapat pengakuan nasional, dengan diterimanya berbagai penghargaan dari pemerintah pusat, diantaranya yang barusan diraih yaitu penghargaan utama Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017, ini merupakan prestasi yang berhasil ditorehkan Kota Kediri dalam kaitannya dengan peningkatan taraf hidup masyarakatnya, dibawah kepimpinan Walikota Abdullah Abu Bakar.

“Alhamdulillah kota Kediri meraih penghargaan Kota Cerdas 2017, karena kota Kediri dinilai mampu mengembangkan pendidikan berdasarkan potensi dan karakter lokal,” ujar Mas Abu panggilan sehari hari Walikota Kediri dalam twittanya setelah menerima penghargaan dari Jusuf Kalla Wakil Presiden RI di Istana Negara Jakarta (11/12).

Menurut Abu Bakar, ada 15 kota yang mendapat penghargaan Kota Cerdas yang terbagi menjadi 3 kategori. Untuk kategori Kota Besar diraih Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Sedangkan kategori Kota Sedang diberikan kepada Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta dan Kota Kediri. Serta kategori Kota Kecil diserahkan kepada Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi.

Walikota yang diusung Partai Amanat Nasional ini mengatakan, salah satu program yang masuk kreteria penilaian kota cerdas adalah Smart City di Kota Kediri yang dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat, sehingga hal ini berbeda dengan kota lain. Bahkan tiga tahun terakhir, pihaknya, bersama Wakil Walikota Kediri dan tim membangun smart city agar memudahkan masyarakat mendapat pelayanan.

walikota kediri cerdas 300x182 - Abu Bakar Antarkan Kediri Sebagai Kota Cerdas 2017
Abdullah Abu Bakar menerima penghargaan Kota Cerdas dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

Abu Bakar meminta pada masyarakat untuk terus bisa memanfaatkan, kemudahan yang ada di Kota Kediri, baik pelayanan melalui website ataupun komputer, sehingga tidak buang buang waktu dan uang transpor cukup melalui internet untuk bisa mengakses semua layanan.

abu kota cerdas 300x182 - Abu Bakar Antarkan Kediri Sebagai Kota Cerdas 2017
Walikota Kediri H Abdullah Abu Bakar, SE.

Menurut Abu Bakar yang mencalonkan kembali Walikota Kediri untuk kali kedua, RKCI sendiri adalah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas. Khususnya, berdasarkan potensi dan karakter masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan 2 tahunan dan dimulai pertama kali pada tahun 2015.

“Kota Cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien. Tujuannya, untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan,” papar Abu.

Lebih lanjut Abu Bakar menjelaskan, untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya. Hal ini senada dengan tujuan RKCI, yakni menjadi pendorong terwujudnya redistribusi pembangunan kota dan desa serta mengurangi kesenjangan antar kota di Indonesia.

Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari peran serta semua pihak yang mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah Kota Kediri. “Untuk itu kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan, para Guru, pelajar dan seluruh elemen masyarakat yang telah berhasil mengantarkan kota Kediri menjadi Kota Cerdas 2017,” kata Abu. “Penghargaan ini untuk kita semua, maju terus pendidikan di kota Kediri,” tambahnya. (TJ/BS)

 

­­­

­

Tinggalkan Balasan