28 Januari KPU akan verifikasi 12 parpol, kader PAN Jatim diminta siaga

Amanat – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) akan mulai melakukan verifikasi faktual terhadap 12 partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019 yang sudah menjadi peserta pemilu 2014 pada Minggu, 28 Januari 2018.

“Tanggal 28 kita mulai verifikasi faktual,” tandas Ketua KPU RI Arief Budiman.

Verifikasi faktual untuk 12 partai politik yang pernah menjadi peserta pemilu 2014 dilakukan setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/2018.

Guna melaksanakan putusan tersebut, KPU perlu merevisi sejumlah aturan, yaitu Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Peserta Pemilu 2019, dan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Arief menambahkan, KPU akan menyederhanakan metode dan memangkas waktu verifikasi.

Dengan demikian, diharapkan waktu penetapan partai politik peserta pemilu 2019 sesuai dengan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Verifikasi faktual untuk tingkat pusat dan tingkat provinsi akan dilakukan masing-masing selama dua hari, dari sebelumnya masing-masing tujuh hari.

Sedangkan untuk verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota akan dilakukan selama tiga hari, dari sebelumnya 21 hari.

Menyikapi hal ini, sekretaris DPW PAN Jatim Dr A Basuki Babusallam memberikan seruan kepada seluruh infrastruktur PAN di semua tingkatan untuk siaga menyiapkan segala keperluan guna kepentingan verifikasi.

“Sukses verifikasi adalah salah satu ikhtiar dari lima sukses yang kita canangkan bersama. Verifikasi ini adalah pondasi dari kerja-kerja politik kita, karenanya berikan perhatian sepenuhnya, lakukan komunikasi dan konsolidasi di struktur partai agar tahapan verifikasi ini berjalan sukses. Saya yakin kader PAN di Jatim sudah cukup siap untuk menjalankan proses ini,” tandasnya. /CW

Tinggalkan Balasan