Hanafi Rais : Pemerintah Hobi Keluarkan Perppu Ormas

Amanat – Dalam rapat paripurna pembahasan Perppu Ormas menjadi UU, Politikus PAN Hanafi Rais menyinggung agar pemerintah tidak terlalu gampang mengeluarkan perppu, hal itu malah menunjukkan pemerintah lama-lama alergi terhadap parlemen.

“Perppu ini dikeluarkan harus memenuhi syarat. Kalau dari sisi politik pemerintah selalu mengeluarkan perppu, lama-lama pemerintah alergi dengan parlemen, seolah-olah pemerintah tidak mau berdebat,” ujar Hanafi dalam rapat paripurna di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Hal itu disampaikan Hanafi dalam rapat paripurna pembahasan Perppu Ormas menjadi UU. Hanafi menyadari memang ada beberapa RUU yang pembahasannya memakan waktu lama, seperti RUU Terorisme dan RUU Penyiaran. Tapi ia mengatakan itulah proses demokrasi.

Hanafi meminta dengan tegas pemerintah tidak mudah mengeluarkan perppu. “Jangan mau enaknya saja dalam demokrasi,” kata dia. Menurutnya, hal itu bisa mencederai demokrasi dan ia mengajak kembali partai yang menerima Perppu Ormas mengingat bahwa partai politik lahir dari demokrasi.

“Kepada pemerintah, jangan terlalu cepat mengeluarkan perppu. Dan kepada teman-teman, kita harus ingat kita lahir dari proses demokrasi,” tuturnya. (detik.com)

Tinggalkan Balasan